BAYONET

BAYONET

2013-09-12 03:52:00 || LEMBAR PASUKAN

Seringkali kita melihat sebuah pisau terpasang pada senjata seorang tentara. Ada yang mengatakan dengan sebutan sangkur namun ada juga yang menyebutkan dengan kata bayonet. Bagaimanakah awal penggunaan dari sangkur atau bayonet. Kali ini kami akan sedikit memberikan wawasan akan kelengkapan senapan yang satu ini. Awal penggunaan bayonet dalam medan pertempuran dimulai pada abad 17 ketika  pasukan infanteri menghadang pasukan kavaleri berkuda. Pada saat itu dimensi bayonet berukuran lebih panjang daripada bayonet modern dan berfungsi untuk menusuk kuda atau penuganggnya. Disamping itu, bayonet mulai digunakan atau dipasang setelah senapan ditembakkan.

perang bayonet abad 17

 

Pada perang dunia I, bayonet merupakan senjata yang sangat populer dan semua prajurit yang turun ke medan perang rata-rata telah menjalani latihan menggunakan bayonet. Bentuk bayonet disesuaikan dengan  lubang atau bentuk laras senapan agar bisa cepat dipasang dan digunakan. Dimasa-masa awal pemakaiannya, bayonet dipasang dengan cara memasukkan ke mulut laras sehingga senapan berubah jadi tombak, hal ini dikarenakan tehnik pengisian peluru pada senapan saat itu yang memakan waktu lama. Sedangkan pada perkembangan berikut, pemasangan bayonet yang berbentuk seperti pedang dipasang dengan cara diulirkan. Setelah dibuatkan tempat khusus atau dudukan pada laras senapan, bayonet baik yang berbentuk pedang atau pisau tinggal meyorongkan saja di tempat dudukannya.

bayonet1

Dalam pertempuran modern serbuan bayonet dilakukan pasukan infanteri yang maju bersama-sama dan didukung semangat membunuh serta moral tempur tinggi. Musuh yang tidak siap umumnya akan surut mentalnya dan memilih melarikan diri atau terbantai. Tehnik penyerbuan bayonet yang diiringi teriakan secara serempak masih merupakan menu latihan pokok bagi satuan-satuan tempur di Indonesia dan hingga saat ini bayonet berbentuk pisau yang memiliki multi fungsi masih digunakan sebagai senjata standar satuan-satuan elit diseluruh negara.

gambar bayonet

  Jay LEMBAR PASUKAN
   

Contact Us