KOREM 083/BDJ DAN BKKBN PANTAU KEGIATAN KB KES DI RS. MARSUDI WALUYO SINGOSARI-MALANG

KOREM 083/BDJ DAN BKKBN PANTAU KEGIATAN KB KES DI RS. MARSUDI WALUYO SINGOSARI-MALANG

2017-08-12 11:13:32 || KOREM 083 / BDJ

Malang (12/8/2017) Korem 083/Bdj yang diwakili Perwira Seksi Teritorial Kapten Arh Heru Sunyoto menghadiri acara bakti sosial ‘Pelayanan KB KES’ di Rumah Sakit Marsudi Waluyo, Singosari. Kegiatan kali ini mengambil tema "Melalui Bhakti Sosial TNI, KB-Kesehatan Kita Sukseskan Program KKBPK Dalam Mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Masyarakat Sehat Tahun 2017", Bekerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi Jawa Timur dan Dinas Pengendalian Kependudukan dan KB Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut, dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan diperkirakan akan selesai sekitar pukul 19.00 WIB.

 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga masyarakat, hal ini dibuktikan dengan adanya bertambahnya pengikut KB Kesehatan menjadi 235 orang yang mengikuti Metoda Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi dari wilayah Kab. Malang dan Kota Batu dan 13 orang yang mengikuti Metoda Operasi Pria (MOP) atau dikenal dengan sebutan vasektomi. Pesertanya yakni pasangan usia subur yang tidak ingin anak lagi punya anak, sesuai arahan dari dr. Sofyan Rizalanda (Kepala Sub bidang Kesertaan KB jalur pemerintah dan swasta). Yakni, bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, kemudian menurunkan laju pertumbuhan penduduk, serta meningkatkan keikutsertaan ber KB.

 

Kepala Bidang KB Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) Ibu Dokter Dessy menyampaikan “pelaksanaan KB Kesehatan dilaksanakan di  RS. Marsudi Waluyo ini dikarenakan tempatnya mendukung sekali”.  Selain itu kita juga melaksanakan pemeriksaaan kesehatan umum, pemasangan alat kontrasepsi KB baik Implan, Suntik maupun Pil dan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya ber-KB yang berhubungan dengan pengendalian jumlah penduduk serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih baik serta menciptakan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera.

  

Kapten Arh Heru Sunyoto yang hadir saat itu menjelaskan pemantauan KB Kesehatan merupakan bentuk pengawasan Korem 083/Bdj dan BKKBN Propinsi Jawa Timur dalam rangka mensosialisasikan dan pengenalan Program KB dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta melalui kegiatan KB Kesehatan kali ini diharapkan dapat mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

 

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan dinas terkait atas kerja samanya. Sehingga penyelenggaraan Baksos ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

   Berita       Korem083/Bdj       BKKBN       kegiatan       KB-KES       RS.Marsudi       Waluyo       Singosari       Malang       2017   

Contact Us