Dandim 0824 Jadi Nara Sumber Seminar Nasional Kependudukan Dalam Rangka Hari Kebangkitan Nasional

Dandim 0824 Jadi Nara Sumber Seminar Nasional Kependudukan Dalam Rangka Hari Kebangkitan Nasional

2017-05-20 11:33:37 || KODIM 0824 / JEMBER

Jember.               Pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 pukul 08.40 s.d 13.00 WIB bertempat di Aula Rektorat Universitas Jember (Unej) Lantai III Jln. Kalimantan 37 Kelurahan Sumbersari Kec. Sumbersari Kab. Jember telah dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema "Meningkatkan Wawasan dan Nasionalisme Insan Berencana dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109".

Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan UNEJ, dihadiri oleh 200 orang dipimpin oleh sdr. Mohammad Nur Fafmi ( Ketua Panitia ) hadir dalam acara tersebut : Drs. Puji Hayuningsih, SE. M.Sc (Kasubid Analisis Dampak Kependudukan BKKBN Jawa Timur), Dr. Wendy Hartono, MA (Diputi Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat), Letkol Inf. Rudiyanto (Komandan Kodim 0824 Jember), Dr. Hones Dody Molasy, S.Sos, MA. (Dosen UNEJ),  Drs. Sugiarto, SH. MH (Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat UNEJ).

Rangkaiqn kegiatan seminar diantaranya pada pukul 08.40 WIB Acara Seminar Nasional  tema "Meningkatkan Wawasan dan Nasionalisme Insan Berencana dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109" dimulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan Menyanyikan Mars UNEJ, kemudian pukul 08.50 WIB Sambutan sdr. Mohammad Nur Fafmi (Ketua Panitia) yang intinya yang intinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan, disampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud peran mahasiswa dalam menekan laju pertumbuhan penduduk.

Sambutan Drs. Sugiarto, SH. MH acara Seminar Nasional dengan tema "Meningkatkan Wawasan dan Nasionalisme Insan Berencana dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109", beliau berharap kita semua menekan pertumbuhan Penduduk yang ada di Indonesia.

Pukul 09.55 WIB Paparan Materi dari Dr. Wendy Hartono, MA  dengan sub tema "Pembentukan Generasi Berencana sebagai Generasi Emas Indonesia melalui Program KB/KKB" yang memaparkan Proyeksi Kependudukan Dunia menurut Tiga Skenario yang bertujuan untuk menekan Pertumbuhan Penduduk di Dunia.

Pertumbuhan di Indonesia sangat meningkat tetapi dengan adanya Program KB kita bisa menekan Pertumbuhan Penduduk.Kita menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) setelah lulus kuliah nanti maka bisa bekerja di negara-negara ASEAN. Tegas Wendi Hartono.

Selanjutnya Paparan Materi dari Letkol Inf. Rudiyanto (Komandan Kodim 0824) dengan materi "Memahami Ancaman Menyadari Jatidiri Modal Mewujudkan Indonesia Menjadi Bangsa Pemenang" yang intinya bahwa Perubahan menggunakan basis online yang diakibatkan banyaknya Pengangguran dan Perusahaan yang bangkrut.Persaingan antar negara secara terbuka membuat yang kalah akan menyingkir misalnya Migrasi besar-besaran sehingga membuat negara-negara penghasil minyak membuat mengalah dan berbagai krisis yang akan kita hadapi dimasa mendatang yang semakin dapat kita rasakan yaitu krisis pangan, krisis energi, krisis pangan dan lain-lain.

Berikutnya Paparan Materi dari Drs. Hones Dody Molasy, S.Sos, MA. (Dosen Unej) dengan tema "Nasionalisme dan Gerakan Islam di Indonesia" yang membahas Teory tentang politik yang terdiri dari berbagai macam pendapat, suku bangsa, agama dan ras yang mengikat adalah Nasionalisme. Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan harus setabil untuk menanggulangi hancurnya suatu negara

 

 

 

 

   kodim

Contact Us