KODIM 0819 PASURUAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PEKAN PANCASILA DI SMK. UNGUNG SUTOPATI JL PAHLAWAN KOTA PASURUAN

KODIM 0819 PASURUAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PEKAN PANCASILA DI SMK. UNGUNG SUTOPATI JL PAHLAWAN KOTA PASURUAN

2017-06-12 14:22:07 || KODIM 0819 / PASURUAN

Pasuruan (08/06) di SMK. Ungung Sutopati jl pahlawan Kota Pasuruan  dilaksanakan Pekan Pancasila yg dilaksanakan.  Adapun materi yang disampaikan menjelaskan tentang Pancasila  yang merupakan salah satu dari  4 (empat ) pilar kebangsaan selain UUD 1945,NKRI,BHINEKA TUNGGAL IKA.

Pancasila dinilai memenuhi syarat sebagai pilar bagi negara-bangsa Indonesia yang pluralistik dan cukup luas dan besar ini. Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara bangsa Indonesia.

Dalam sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung konsep dasar yang terdapat pada segala agama dan keyakinan yang dipeluk atau dianut oleh rakyat Indonesia, sehingga dapat diterima semua agama dan keyakinan.

Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, merupakan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Manusia didudukkan sesuai dengan harkat dan martabatnya, tidak hanya setara, tetapi juga secara adil dan beradab. Pancasila menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, namun dalam implementasinya dilaksanakan dengan bersendi pada hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, sedang kehidupan berbangsa dan bernegara ini adalah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan untuk kesejahteraan perorangan atau golongan. Nampak bahwa Pancasila sangat tepat sebagai pilar bagi negara-bangsa yang pluralistik.

Pancasila sebagai salah satu pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki konsep, prinsip dan nilai yang merupakan kristalisasi dari _*belief system*(Landasan Keyakinan) yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, sehingga memberikan jaminan kokoh kuatnya Pancasila sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan memperingati hari lahir pancasila tgl 1 juni 2017   juga bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai nilai pancasila dikalangan generasi muda khususnya para pelajar di Kota Pasuruan

 

   KODIM

Contact Us