Selamat Datang di KOREM 083 MALANG

UPACARA PENUTUPAN LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM (LATIHAN BAGIAN III)

Posted: 31 May 2012 | 13:46 PM

         Kamis, 31 Mei 2012 pukul 08.00 Dansatgas PRS PB menerima laporan dari PVMBG bahwa aktifitas Gunung Semeru menurun dari awas menjadi siaga selanjutnya informasi tersebut disampaikan kepada Pemda dalam hal ini adalah Bupati Lumajang guna memberikan pernyataan bahwa penanggulangan bencana alam gunung meletus dari tanggap darurat menjadi pasca bencana.

       Menindaklanjuti tersebut maka disusunlah rencana kegiatan rehabilitasi pasca bencana antara lain pencegahan penyebaran wabah penyakit, perbaikan sarana dan prasarana umum, pemberian bantuan tempat tinggal serta kegiatan lain guna membantu warga korban bencana.

        Cerita diatas adalah scenario kegiatan dari latihan terpadu yang berlangsung di Desa Penanggal dan telah menginjak hari ke-3 (hari terakhir). Sedangkan seremonial acara penutupan juga berlokasi ditempat yang sama. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kasdam V/Brw.

     Dalam amanat Pangdam V/Brw yang dibacakannya disampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan latihan terpadu tersebut yaitu,” Pertama, Kuasai dan pedomani betul bekal pengetahuan yang telah saudara peroleh melalui pelatihan ini sehingga dapat mengeliminir beberapa kendala dan kelemahan yang muncul pada saat dan pasca bencana alam. Kedua, Bangun dan pelihara koordinasi dan kerjasama antar institusi terkait, karena dengan koordinasi dan kerjasama yang baik maka penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat, lebih terpadu dan tentu saja dapat menyikapi berbagai ekses bencana yang kompleks”. (st/penrem)

  • 23/11/2012
  • 7/02/2013

Copyright © 2011-2012 - KOREM 083 BALADHIKA JAYA MALANG