Selamat Datang di KOREM 083 MALANG

DIALOG INTERAKTIF DANDIM 0820 DI RADIO SUARA KOTA PROBOLINGGO

Posted: 04 April 2012 | 23:10 PM

Rabu (04/04/2012) pukul 08.00 s.d 09.00 Dandim 0820 Letkol Inf Alfi Sahri Lubis melaksanakan dialog interaktif wawasan dalam program acara Suara Hukum di radio Suara Kota Probolinggo.

Dialog interaktif ini merupakan jadwal siaran langsung radio Suara Kota dengan mengundang instansi-instansi baik pemerintahan maupun swasta dalam rangka mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment dimana radio Suara Kota sebagai Media informasi dan komunikasi, sarana bersosialisasi, berdiskusi, berdialog, menampung aspirasi masyarakat yang berkembang secara langsung sehingga keinginan masyarakat dan Pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan sinergi.

Dalam siaran langsung radio Suara Kota Dandim 0820 menyampaikan materi tentang tugas-tugas pokok Kodim 0820 dalam melaksanakan tugas Binter (Pembinaan Teritorial) yang meliputi aspek Gaografi, Demografi dan kondisi sosial.

Aspek Geografi Dandim menjelaskan bahwa keadaan geografi berkaitan dengan pertahanan negara dimana suatu daerah senantiasa merupakan pertimbangan bagi lawan maupun bagi kita sebelum skala dan bentuk operasi militer yang akan dilancarkan. Kemungkinan jalan-jalan pendekat yang akan digunakan oleh musuh, daerah-daerah yang mungkin dijadikan pangkalan logistik, sasaran-sasaran yang akan direbut dan lain sebagaianya.

Aspek Demografi berkaitan dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mana jumlah dan kwalitas penduduk baik militer maupun non militer diperlukan bagi penyelenggaraan sistem pertahanan rakyat semesta. Sehingga perlu dilakukan pembinaan sedini mungkin agar memiliki kemampuan, keteguhan, keuletan, ketabahan, kesadaran dan ketangguhan dalam menghadapi, menahan dan menanggulangi segala macam ancaman.

Sedangkan aspek Kondisi Sosial Dandim menjelaskan bahwa kondisi sosial yang stabil dan dinamis di lingkungan masyarakat merupakan persyaratan bagi suksesnya pembangunan dan pertahanan negara.

Selain tugas di atas Dandim menjelaskan bahwa tugas Kodim 0820 juga membantu aparat Kepolisian setempat dalam menciptakan Kamtibmas.

Dandim dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan selain melaksanakan Binter Kodim 0820 juga melaksanakan pembinaan kedalam seperti melaksanakan pembinaan satuan yang salah satunya melaksanakan penertiban kepada anggota dalam hal berlalu lintas.

Dalam acara tersebut Dandim juga menjawab banyak pertanyaan secara langsung dari masyarakat melalui telepon antara lain ada yang bertanya  apa tugas TNI di masa damai saat ini ? dan dijawab oleh Dandim bahwa tugas TNI dalam masa damai antara lain melaksanakan pembinaan kedalam untuk mengasah kemampuan supaya selalu siap pakai dan membantu Pemda setempat dalam hal penanggulangan bencana serta membantu Pemda dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat (seperti aktif dalam penghijauan, karya bakti, pengentasan buta aksara, aktif mensosialisasikan KB Dll) yang merupakan sebagian penjabaran dari OMSP (Operasi Militer Selain Perang) sebagaimana yang telah di atur dalam Undang-undang.

Kemudian Dandim juga menjawab pertanyaan bahwa masih ada anggota TNI yang melakukan pelanggaran dalam Lalu lintas padahal sudah dilaksanakan pembinaan kedalam? Dandim menjawab dengan mengakui walaupun sudah melaksanakan pembinaan kedalam, tetapi masih ada yang yang melanggar. Dandim menjelaskan bahwa itu dilakukan oleh oknum jadi harus dibedakan antara oknum dengan Satuan dan apabila warga masyarakat melihat di jalan ada tentara yang melanggar tolong disampaikan ke Kodim syukur-syukur tahu nama, pangkatnya dan kesatuannya lebih lanjut pembinaan kedalam akan terus dilanjutkan.

Pertanyaan berikutnya bagaimana apabila ada Tentara yang melakukan pelanggaran asusila maupun selingkuh apakah ada tindakan dari Satuan?  Dandim menjawab bahwa semua pelanggaran akan diproses secara hukum apabila benar terbukti maka yang melanggar akan mendapatkan sanksi administrasi dan bila sanksi pidana yang melanggar lebih dari 3 bulan maka Dandim bisa mengajukan pemecatan dengan tidak hormat dari Dinas Tentara.

Dandim juga menjawab pertanyaan Bagaimana peran Kodim 0820 dalam mendukung Pemkot Probolinggo dalam meraih Adipura Kencana?  Bahwa bentuk dukungan Kodim 0820 untuk Pemkot dalam Adipura dengan ikut melaksanakan Karya bakti yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, aktif membantu BLH, melaksanakan penghijauan dan melestarikan hutan mangrove.

Diakhir acara Dandim 0820 menyampaikan himbauan dan harapan kepada masyarakat Kota Probolinggo untuk tetap menjaga dan mempertahankan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tungga Ika.

Dandim juga berharap agar masyarakat meningkatkan dan melestarikan budaya kegotong royongan, rasa toleransi dan saling menghargai dalam menyikapi setiap perbedaan.

Mengenai adanya aksi unjuk rasa Dandim menyampaikan bahwa apabila masyarakat berunjuk rasa agar dilaksanakan dengan santun, menghargai orang lain, tidak melakukan pengerusakan dan alhamdulillah ini tidak terjadi di Probolinggo situasi tetap kondusif, untuk ketentuan berdemonstrasi agar dipatuhi oleh para demonstran.

  • 13/02/2014
  • 12/12/2012
  • 24/11/2012

Copyright © 2011-2012 - KOREM 083 BALADHIKA JAYA MALANG